Powered By Blogger

Monday, May 28, 2012

SAKIT KEPALA


BAB I
SAKIT KEPALA

1.1    Defnisi Sakit Kepala
Sakit kepala merupakan salah satu gejala yang paling mengganggu dan merupakan masalah kesehatan yang paling sering dialami. Umumnya sakit kepala terjadi hanya sebentar dan hilang keesokan harinya, tetapi ada juga yang sakitnya kambuh sesudah beberapa bulan atau beberapa tahun kemudian. Beberapa orang sering mengalami sakit kepala. Perlu diketahui bahwa sakit kepala merupakan kejadian umum, sehingga jangan terburu-buru menganggap hal ini disebabkan oleh penyakit serius. Sakit kepala bersifat fungsional tidak berhubungan dengan perubahan orgnis didalam otak.
Walaupun untuk beberapa kasus tertentu yang berat dapat disebabkan oleh gangguan pada otak atau selaputnya. Sakit kepala menahun atau sakit kepala kambuhan bisa terasa sangat nyeri dan mengganggu. Tetapi mencerminkan keadaan kesehatan yang serius. Namun apabila suatu perubahan dalam pola sumber sakit kepala. Misalnya dari jarang menjadi sering yang tadinya ringan menjadi berat. Sakit kepala tidak tertahankan merupakan pertanda yang serius dan memerlukan  tindakan medis segera.


BAB II
PENYEBAB SAKIT KEPALA


2.1 Penyebab Sakit Kepala
v  Sakit kepala sebagian besar disebabkan oleh ketegangan otot, gangguan psikis atau nyeri kepala tanpa penyebab yang jelas.
v  Sakit kepala banyak yang berhubungan dengan kelainan pada mata, hidung tenggorokan gigi dan telinga.
v  Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan perasaan berdenyut di kepala  tetapi tekanan darah tinggi jarang menyebabkan sakit kepala menahun.
v  Sakit kepala kambuhan dapat disebabkan oleh berbagai macam keadaan semacam tumor, infeksi, trauma kepala, kelelahan pada mata syaraf dan gangguan psikis.
v  Sakit kepala yang hebat dapat disebabkan oleh ketegangan atau tekanan pada selaput otak / pembuluh darah pada selaput otak.
v  Nyeri hebat diseluruh kepala dapat disebabkan oleh radang pada selaput otak.
v  Nyeri kepala yang hebat yang terlokalisasi dapat disebabkan oleh tumor dikepala.

BAB III
DIAGNOSIS
2.1  Diagnosis
Biasanya dokter dapat menentukan penyebab dari riwayat kesehatan penderita dan hasil pemeriksaan fisik, namun kadang-kadang diperlukan pemeriksaan fisik. Namun kadang-kadang diperlukan pemeriksaan darah untuk menentukan penyebab pastinya atau dilakukan fungsi lumba (pengambilan sejumlah kecil cairan dari tulang belakang / kelumna spialis untuk pemeriksan dibawah mikroskop). Fungsi lumba ini dilakukan jika diduga penyebabnya adalah infeksi selaput otak (meningitis). Hanya sebagaian  kecil sakit kepala yang disebabkan oleh oleh tumor otak cidera otak atau berkurangnya jumlah oksigen ke otak. Jika diduga suatu tumor, stroke atau kelainan otak lainnya dilakukan pemeriksaan pencitraan otak seperti CT –scan atau MRI.

3.2 Pengobatan
Pada tahap permulaan sakit kepala dapat diobati dengan obat pereda sakit kepala / neyeri kepala. Seperti aspirin, prasetamol 3-4 x/sehari dengan dosis 500-650 mg. bila perlu obat dapat diberikan ergutamin tastrat dengan dosis 1 cc injeksi dibawah kulit. Erugutamin juga dapat diberikan melalui mulut dalam bentuk tablet. (pada permulaan sakit kepala lalu 1 tablet setiap setengah jam sampai maksimum 6 tablet sehari).

BAB IV
PENCETUS SAKIT KEPALA

Pencetus sakit kepala merupakan ssuatu gejala yang dapat di cetuskan oleh beberapa keadaan / zat sebagai berikut :
a.        Ketegangan dalam banyak hal sakit kepala karena ketegangan saraf yang berlangsung lama dapat menimbulkan kontraksi otot dibagian belakang lahir. Kontraksi jenis sakit kepala beragam jenis mulai dari gejala yang ragam sampai berat  dengan berbagai kekhusussnnya. Berikut beberapa  gejala dan tanda yang dapat menerangkan jenis dari sakit kepala :
1.      Sakit kepala simus adalah sakit kepala yang nyeri dibelakang tulang dahi dan tulang pipi.
2.      Sakit kepala clutes nyeri disekitar dan didalam mata.
3.      Sakit kepala menekan (tension) adalah system kepala seperti ikal tali.
4.      Sakit kepala migraine nyeri mual dan gangguan penglihatan.
b.        Minuman keras dapat memicu terjadinya sakit kepala  karena mempengaruhi jaringan –jaringan langsung mengganggu selaput otak. Minuman keras dapat melebarkan pembuluh darah otak sehingga menyebabkan nyeri kepala yang mirip dengan migraine. Perawatannya adalah dengan menghindari minum minuman keras dan istirahat yang cukup.
c.        Sembelit yang lama menyebabkan racun yang ada didalam usus besar diserap dalam darah sehingga timbul sakit kepala. Perawatannya adalah mengatasi keadaan sembelit yaitu dengan banyak minum air putih dan banyak makan makanan berserat sayur dan buah. Mungkin dapat pula diberikan obat pencahar seperti lactulose atau bias codyl.

BAB V
KESIMPULAN

Sakit kepala merupakan salah satu gejala yang paling mengganggu dan satu masalah kesehatan yang sering di alami.

No comments:

Post a Comment